Etika dalam Menjawab

Menjawab itu harus beretika. Dan etika pertama dalam menjawab adalah jawaban harus sesuai dengan pertanyaannya. Kalau pertanyaannya “Siapa presiden Indonesia sekarang ?” Maka jangan dijawab ” sayur rebung” itu sungguh sangat tidak nyambung.

Sayangnya, kita ini manusia yang sifat dasarnya suka tergesa-gesa. Atas nama kecepatan seringkali kita mengabaikan ketepatan. Maka jadilah yang selama ini sering terjadi, dialog dua arah yang berlangsung tanpa arah. Dua orang/kelompok yang berdebat hebat (yang lucunya) bukan karena tidak sevisi, tapi hanya karena berbeda diksi. Andai saja mereka bersedia untuk sejenak mendengar (dalam arti yang sebenarnya) dan mau mencermati pendapat yang lain dengan sepenuh hati. Pastinya mereka akan menyadari bahwa pendapat mereka pada dasarnya sama, hanya saja penyampaiannya yang berbeda.

Maka sebelum menjawab, bacalah soalnya dengan cermat. Apa yang sebenarnya yang ditanyakan dan bagaimana peraturan dalam menjawabnya, apa disilang, dilingkari, dijawab singkat, atau malah tidak perlu dijawab. Tidak usah grusa grusu atau sok tahu. Itu baru namanya menjawab dengan effektif. Setiap tenaga yang keluar tidak sia-sia. Pun begitu dalam hidup, jawablah setiap soalan yang muncul dengan jawaban yang tepat. Tidak usah grusa-grusu dalam menanggapi segala sesuatu. Teliti, cermati, pahami apa sebenarnya yang ditanyakan oleh Sang Pembuat Soal. Tidak usah terburu nafsu, karena kalo salah membaca soal, usaha untuk menjawab sehebat apa pun akan sia-sia.

Jangan seperti saya, barus sadar jika saya hanya perlu menjawab 6 dari 9 soal, setelah larik-larik jawaban -hasil kerja tangan kanan yg pegal-pegal- di kumpulkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s